Empat Makanan Wajib di Musim Hujan

sayuran dan buah
Sumber :
  • healt india.com

VIVAlife - Musim hujan identik dengan kondisi kesehatan. Daya tubuh yang menurun di tangah aktivitas sehari-hari kerap membuat kondisi tubuh drop dan terserang berbagai penyakit. Umumnya, untuk menghangatkan dan menjaga stamina, banyak orang lari ke minuman rempah hangat. Wedang jahe, ronde, dan sekoteng diataranya.

Semua sajian itu memang menjadi teman pas di kala hawa dingin datang. Namun, untuk stamina lebih, makanan penuh nutrisi tak boleh dilewatkan, terutama sayuran. Melansir Zeenews, berikut ini adalah daftar makanan wajib santap saat musim hujan datang:

Mustard

Siapa sangka di balik rasa asamnya, mustard memiliki ragam nutrisi baik untuk tubuh. Mustard yang biasa digunakan sebagai olesan sandwich ini mengandung vitamin B1, B2, B6, C, E dan K, zat besi, serta antioksidan untuk penangkal kanker. Di samping itu, mustard juga memiliki efek anti sembelit.

Lobak putih

Sayuran ini dikemas dengan natrium, protein, vitamin C dan B9, fosfor kalium dan kalsium serta magnesium.  Lobak merupakan sumber terbaik dari vitamin C, yang dapat membantu hingga menjaga kulit, pembuluh darah dan ligamen dengan baik. Jika Anda memasukkan sayuran lobak putih dalam setiap menu harian Anda, ini dipercaya membantu mencegah Anda terkena virus flu, kanker hingga jantung koroner.

Fenugreek
Bumbu dapur  ini, kaya potasium, vitamin A, B, B3, C dan E serta phytoestrogen. Termasuk asam amino, alkaloid dan saponin steroid. Fenugreek juga dapat digunakan sebagai solusi masalah kewanitaan, seperti nyeri haid mengobati gangguan hormonal dan sistem reproduksi Anda.

Kacang hijau

Tak hanya ibu hamil yang wajib konsumsi kacang hijau, tapi juga Anda terutama saat musim dingin tiba. Kacang hijau mengandung vitamin C, Folates, pitoresterol dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Ini tandanya, kacang hijau dapat menjadi senjata ampuh untuk memerangi radikal bebas. Manfaat lainnya adalah mencegah peradangan dan menambah sistem imun.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024