Mengapa Presiden SBY Memilih Roy Suryo Menjadi Menpora

Roy Suryo jelang pengumuman Menpora oleh SBY.
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews – Roy Suryo diangkat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Pengangkatan itu diumumkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat 11 Januari 2013. Banyak yang terkejut. Terkejut lantaran kader Partai Demokrat itu dianggap tidak mempunyai akar olahraga. Roy adalah seorang pakar telematika. Dibenak sejumlah kalangan, dia lebih dikenal sebagai pakar yang mampu menganalisa apakah sebuah video asli atau palsu belaka. 

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Padahal Kemenpora itu adalah salah pusat kebanggan negeri ini, yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi salah satu titik terlemah dalam pemerintah SBY. Ada kasus korupsi Hambalang yang melibatkan banyak politisi Partai Demokrat, prestasi sepakbola yang turun, kisruh dalam tubuh PSSI yang tak kunjung usai yang menyebabkan kita terancam sanksi FIFA. Dan banyak orang mempertanyakan, mengapa Presiden SBY mengirim seorang Roy Suryo di tengah sejumlah soal yang teramat berat itu.

Tapi mungkin ada baiknya jangan berburuk sangka dulu. Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi, meminta publik agar jangan meremehkan calon Menpora yang baru ini. Dia, kata Sudi, telah melewati uji kelayakan dan kepatutan. Dari sekian banyak kandidat -- banyak juga ahli olahrga -- pakar telematika ini yang "cakap". Publik, katanya, jangan melihat dari tampangnya tapi lihat nanti hasil kerjanya. (

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Sudi mungkin menjawab kelakar sejumlah kalangan di media sosial seperti Twitter dan Facebook bahwa Roy menjadi Menpora lantaran berkumis seperti para Menpora sebelumnya. Dari Menpora pertama, Wikana, Hayono Isman, Adyaksa Dault dan Andi Mallarangeng.

Tentu saja Roy jadi Menpora bukan karena kumis itu. Dalam pidato pengumuman di Istana Negara, SBY menegaskan Roy memiliki integritas. “Setelah mendengar pertimbangan Wakil Presiden dan pejabat lain, serta menjaring masukan masyarakat, saya mengangkat Drs. Roy Suryo Notodiprojo sebagai Menpora. Saya pandang yang bersangkutan cakap untuk mengemban tugas. Saya juga menimbang integritas untuk menunjuk Menpora. Saya telah melakukan interview dan fit and proper test didampingi Wapres. Maka saya memutuskan Roy Suryo untuk menggantikan Andi Mallarangeng,” kata SBY.

SBY langsung memberi tiga tugas penting untuk Roy Suryo sebagai Menpora baru. Pertama, melakukan konsolidasi di internal Kementerian Pemuda dan Olahraga “Mengingat ada permasalahan berkaitan dengan lingkup dan tugas wilayah Kemenpora yang terus menjadi perhatian publik dan sedang proses di KPK, yaitu kasus Hambalang.”

Untuk itu SBY menginstruksikan Menpora baru untuk mengkonsolidasikan jajarannya guna menjalankan tugas dengan baik. Kedua, melanjutkan prestasi yang telah diraih oleh Menpora sebelumnya, Andi Mallarangeng. “Untuk kembali berjaya dalam SEA Games, di mana yang sejak tahun 1997 itu tidak bisa dilakukan, tahun 2012 bisa diraih. Itu harus kita jaga,” kata SBY.

Ketiga, bekerja sama dengan Komite Olahraga Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk segera mengakhiri masalah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Roy Suryo sendiri sudah mengetahui ketiga tugas penting ini ketika ia diwawancarai oleh Presiden SBY.

“Sesuai harapan Bapak Presiden, ada tiga poin penting yang menjadi prioritas saya, yaitu membenahi internal dan eksternal Kemenpora, menjaga prestasi olahraga, dan menyelesaikan dualisme dalam olahraga persepakbolaan kita,” kata Roy Suryo di Istana Negara, beberapa saat sebelum diumumkan sebagai Menpora.

Roy mengakui banyak masyarakat yang tidak percaya bahwa dia mampu mengemban amanah sebagai Menpora. “Ini bukan jabatan mudah. Saya tahu masyarakat menaruh harapan rendah pada saya karena saya tidak berlatar belakang olahagawan dan saya bukan tokoh pemuda yang menonjol,” kata dia.

Roy mengatakan, ia sudah menyampaikan langsung kepada SBY bahwa tugas ini berat dan bukan kompetensi dia yang sebenarnya. “Maka izinkanlah saya mengajak rekan-rekan masyarakat untuk bersama-sama membenahi semua ini,” ujarnya.

Latar belakang Roy Suryo memang jauh dari dunia olahraga. Di Partai Demokrat, Roy mengurusi bidang komunikasi dan informatika. Di Komisi I DPR, dia mengurusi bidang pertahanan, luar negeri, intelijen, komunikasi, dan informatika. Selama ini, Roy Suryo memang identik dengan dunia informatika.

Ia kerap menjadi pembicara, narasumber, bahkan saksi ahli di pengadilan untuk bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. Namun sesungguhnya Roy juga tak punya latar belakang pendidikan formal di bidang informatika. Ia lulusan Ilmu Komunikasi UGM. Meski demikian, Roy sempat mengajar fotografi selama beberapa semester di UGM, dan pernah mengajar di Jurusan Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia.

Susilo Siswoutomo

Presiden SBY juga menunjuk Susilo Siswoutomo sebagai Wakil Menteri ESDM menggantikan Rudi Rubiandini yang diangkat menjadi Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SK Migas). “Susilo Siswoutomo memiliki pengalaman yang panjang di bidang migas,” kata SBY.

SBY mengatakan, permintaan energi meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir, baik listrik maupun bahan bakar. Oleh karena itu, perlu kepastian manajemen jangka menengah dan jangka panjang guna mencukupi kebutuhan itu.

Susilo pun diminta meningkatkan investasi di bidang migas. “Saya berulang kali mengundang perusahaan dalam negeri, utamanya Pertaminam untuk meningkatkan investasi dalam negeri. Karena belum cukup, maka saya mengundang investasi dari negara sahabat yang sudah dilakukan sejak zaman Indonesia merdeka,” kata SBY.

Susilo Siswoutomo merupakan Staf Ahli Menteri ESDM. Ia juga menjabat sebagai Kepala Pengawas Proyek Inpex di Blok Masela untuk SK Migas. Lulusan ITB ini sudah 30 tahun lebih malang-melintang di dunia energi.

Rudi Rubiandini

Rudi memang bukan wajah baru di kabinet. Namun ia ditunjuk untuk mengisi posisi baru dari Wamen ESDM menjadi Kepala SK Migas. SK Migas ini adalah struktur untuk menghindari kekosongan pengaturan usaha migas setelah Mahkamah Konstitusi membubarkan BP Migas.

Selama ini Kepala SK Migas dirangkap jabatan oleh Menteri ESDM Jero Wacik. “Setelah saya telaah dari berbagai aspek, saya putuskan tak tepat kalau kepala SK Migas itu dirangkap oleh Menteri ESDM," ujar SBY. Menurutnya, SK Migas harus menjadi lembaga eksekutif tersendiri yang menjalankan tugasnya secara profesional, akuntabel, transparan.

“Yang bisa diaudit sehingga tak ada penyimpangan apapun dalam mengatur usaha hulu minyak dan gas bumi serta mengelola aset besar,” kata SBY. Oleh karena itu ia memutuskan untuk menunjuk Rudi Rubiandini untuk menjadi Kepala SK Migas itu setelah melalui tahapan wawancara dan uji kepatutan.

“Kami pastikan orang ini betul-betul kredibel, akuntabel, dan  bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Maka saya  tetapkan Profesor Rudi Rubiandini menjadi kepala SK Migas,” kata SBY.

Rudi sebelumnya pernah bertugas di BP Migas selama tiga tahun. Oleh karena itu SBY menilai Rudi telah mengetahui apa yang akan menjadi tanggung jawab dan tugasnya sebagai Kepala SK Migas.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Presiden SBY akan melantik ketiga pejabat tersebut pekan depan. "Insya Allah Selasa depan saya lantik dan mereka bisa mengawali tugas-tugasnya," kata SBY menutup konferensi persnya.

Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024