FOKUS

Irjen Imam Sujarwo Naik Jadi Bintang Tiga?

Saat ini Polri hanya memiliki lima jenderal bintang tiga, termasuk Komjen Susno Duadji.
Rabu, 8 September 2010
Oleh : Elin Yunita Kristanti, Eko Huda S
Sertijab Kapolri

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Restrukturisasi Organisasi Polri. Dengan Perpres itu terjadi beberapa perubahan organisasi di tubuh Polri.

"Ya betul, Perpres 52 tahun 2010 sudah ditandatangani oleh Presiden. Di dalamnya ada perubahan struktur Polri," kata Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) di Jakarta, Rabu 8 September 2010.

Salah satu struktur yang berubah itu adalah jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol). Jabatan Kalemdikpol yang semula dipegang oleh perwira tinggi Polri bintang dua akan dijabat oleh perwira tinggi berpangkat bintang tiga alias Komisaris Jenderal.

"Ya, itu [Kalemdikpol] dijabat perwira tinggi bintang tiga," kata BHD.

Saat ini, Kalemdikpol dijabat Irjen Pol Imam Sujarwo, salah satu perwira tinggi Polri yang disebut-sebut sebagai calon Kapolri.

Ada beberapa opsi yang bisa dipilih Polri. Pertama, mempertahankan Imam Sujarwo dengan menaikkan pangkatnya dari Irjen menjadi Komjen.

Kedua, mengganti Imam Sujarwo dengan Perwira bintang dua yang dipromosikan menjadi bintang tiga.

Dan yang ketiga mengisi jabatan Kalemdikpol dengan perwira bintang tiga yang telah ada.

Dari tiga pilihan itu, pilihan nomor satu dan nomor dua kemungkinan besar bisa dilakukan. Jika memilih opsi ketiga, jumlah perwira bintang tiga Polri tidak akan mencukupi untuk mengisi jabatan yang ada, karena satu-satunya perwira bintang tiga yang tidak menduduki jabatan di tubuh Polri hanyalah Komjen Susno Duadji yang kini telah meringkuk di tahanan karena tuduhan beberapa tindak pidana yang dia lakukan.

Belum jelas opsi mana yang dipilih. Namun, jika opsi pertama yang dipilih, maka perubahan itu semakin menguatkan rumor selama ini yang menyebut Imam Sujarwo sebagai salah satu calon kuat pengganti Kapolri yang akan diajukan kepada presiden dalam waktu dekat.

Saat ini Polri hanya memiliki lima perwira tinggi bintang tiga. Mereka adalah Wakapolri Komjen Yusuf Manggabarani, Irwasum Komjen Nanan Soekarna, Kababinkam Komjen Imam Hariatna, Kabareskrim Ito Sumardi, dan satu lagi, Komjen Susno Duadji.(ywn)

TERKAIT
File Not Found
TERPOPULER
File Not Found